01 June 2012

rangkuman modul PLPG

RANGKUMAN TES TERTULIS PLPG
A. PAKEM
1. Pakem singkatan dari pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan.
2. Aktif artinya bahwa dalam proeses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya,mempertanyakan dan mengemukakan gagasan.
3. Kreatif artinya agar guru mencip[takan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa.
4. Menynangkan adalah suasana belajar mengajar yang menyenangkan sehingga siswa memuaskan perhatiannya secara penuih pada belajar sehingga waktu curah perhatiannya (time on task) tinggi.
B. MODEL PEMBELAJARAN
1. Model pembelajran tematik
a) Pengertian tematik
Pembelajaran berdasarkan tema untuk mempelajari suatu materi guna mencari kompetensi tertentu.
b) Landasan tematik
Peraturan Mentri pendidikan nasional No. 22 tahun 2006 tentang standar isi.
c) Keunggulan pembelajaran tematik
• Pembelajaran lebih mudah dipahami
• Hubunagan antara konten dan pross lebih jelas
• Belajar secara mendalam dan meluas
• Pengguanaan waktu efektif
• Mengembangkan sifat positif

2. Model pembelajaran kooperatif
a) Pengertian pembelajaran kooperatif
• Adalah pendekatan pmbelajaran yang berfokus pada pengguanaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.
b) Konsep dasar pembelajaran kooperatif
• Pembelajaran kooperatif menciptakan interaksi yang asah,asih dan asuh sehingga tercipta masyarakat belajar (learning community).
c) Ciri-ciri pembelajaran kooperatif
• Saling ketergantungan positif
• Interaksi tatap muka
• Akuntanbilitas
• Ketrampilan untuk menjalin hub antar pribadi
d) Teknik pembelajaran kooperatif
Berikut ini disajikan 4 teknik pembelajaran kooperatif
1) Metode STAD (student achievement division)
Dikembangkan oleh Robert Slavin, langkah2nya:
• Siswa dibagi menjadi beberapa klompok (4 atau 5orang) tiap kelompok.
• Tiap anggota tim mengguanakan lembar kerja akademik dan saling membantu untuk menguasai bahan ajar melalui Tanya jawab atau diskusi antar sesame tim.
• Secara individual atau tim, tiap minggu atau 2 minggu sekali guru mengevaluasi untuk mengetahui penguasaan mereka terhadap bahan akademik yang telah diplajari.
• Tiap siswa dan tim diberi skor atas penguasaannya terhadap bahan ajar.
2) Metode jigsaw
Dikembangkan oleh Elliot Aronson, langkah2nya:
• Kelas dibagi beberapa tim (5 atau 6 siswa)
• Bahan akademik disajikan kepada siswa dalam bentuk teks dan setiap siswa bertanggung jawab untuk mempelajari suatu bagian dari bahan akadmik tersebut.
• Para anggota dari beberapa tim yang berbeda mmiliki tanggung jawab untuk mempelajari suatu bagian akademik yang sama dan selanjutnya berkumpul untuk saling mengkaji bahan tsb.kumpulan siswa semacam ini disebut kelompok pakar(expert group).
• Selanjutnya para siswa yang berada dalam kelompok pakar kembali ke kelompoknya semula(home teams) untuk mengajar anggota lain mengenai materi yang telah dipelajari dalam kelompok pakar.
• Setelah di adakan pertemuan dan diskusi dalam home teams, para siwa di evaluasi secara individual mengenai bahan yang telah dipelajari.
3) Metode GI
Dirancang oleh Herbert Thelen,langkah2nya:
• Seleksi topic
• Merencanakan kerjasama
• Implementasi
• Analisis dan sintesis
• Penyajian hasil akhir
• Evaluasi selanjutnya
4) Metode structural
Di kembangkan oleh Spencer Kgan, bberapa teknik dari metode structural adalah :
 Mencari pasangan(make a manch)
 Pengertian
Mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topic dalam suasana yang menyenangkan.
 Langkah-langkah
 Guru menyiapakn beberapak kartu yang berisi beberapa konsep atau topic.
 Setiap siswa mendapat 1 kartu
 Setiap siswamencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya.
 Siswa bias bergabung dengan 2 atau 3 siswa yang lain yang memegang kartu yang cocok.
 Siswa mendiskusikan tugas secara bersama.
 Presntasi hasil kelompok atau kuis.
 Bertukar pasangan
• Pengertian
Teknik ini mengajar bertukar pasangan member siswa kesempatan untuk bekerjasama dengan orang lain
• Langkah-langkah
 Setiap siswa mendapatkan 1 pasangan.
 Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas tsb dengan pasangannya.
 Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
 Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan. Masing-masing pasangan yang baru ini kemudian saling menenyakan dan mengukuhkan jawaban mereka.
 Temuan baru yang didapatkan dari pertukaran pasangan kemudian di bagikan pada pasangan semula.
 Berkirim salam dan soal
• Pengertian
Siswa membuatpertanyaaan sendiri sehingga akan merasa lebih terdorong untuk belajar dan menjawab prtanyyaan yang dibuat oleh teman-teman sekelasnya.
• Langkah-langkah
 Guru membagi
3. Model pembelajaran konstektual
a) Pengertian pembelajaran konstektual
b) Hakekat pembelajaran kontektual
c) Langkah-langkah pembelajaran CTL

4. Model pemblajaran quantum
a) Pengertian quantum
b) Asas quantum
c) Prinsip quantum
d) Model quantum

No comments:

Post a Comment