01 June 2012

contoh case study guru

CASE STUDY
1. Bu hari adalah seorang guru SD yang baru ½ tahun mngajar di kelas IV. Walaupun termasuk guru baru, bu hari selalu mmpersiapkan diri sebaik mungkin, baik persiapan fisik maupun psikis. Pada saat akan mengajarkan materi “ALAT INDRA” Ia mengawalinya dengan bertanya jawab kepada siswanya. Ia selalu berusaha untuk membuat siswanya aktif, kemudian ia pun menampilkan gambar alat indra melalui tayangan LCD dalam bentuk animasi, dan selalu menggali pertanyaan kepada siswanya tentang tayangan itu. Saat kegiatan berlangsung bu hari juga membawa alat peraga alat indra dan siswa di suruh untuk mengamati alat peraga tersebut. Stelah mengamati alat peraga itu bu hari pun menampilkan alat peraga dalam bentuk animasi, bu hari berharap siswanya tahu tentang cara kerja alat indra tersebut dalam tayangan animasi. Pada suatu hari bu hari tidak mengajar karena anaknya operasi usus buntu di rumah sakit, sehingga kelas IV di ampu oleh bu uus yang guru senior dan berpangkat golongan IV/a, sehingga uus pun langsung mengajar tanpa persiapan apapun, ia langsung masuk kelas dan bertanya pada siwanya “ materi sudah sampai mana?”. Agar materi cepat selesai ia menjelaskan panjang lebar dan kemudian mmberi tugas akhir dari LKS. Kemudian ia pergi ke kantor meninggalkan siswa kelas IV dan mengancam pada siiwanya untuk tenang, tidak rebut sambil mengerjakan soal LKS itu. Berdasarkan ilustrasi di atas, bbagaimana pendapat anda sebagai guru SD tentang pembelajaran yang di lakukan oleh bu hari dan bu uus. Apakah sudah menggambarkan pembelajaran yang pakem? Berikan penjelasannya?

No comments:

Post a Comment