09 June 2011

Makan Apel Tanpa Dikupas Bikin Otot Makin Kuat

Iowa, Kulit apel tidak hanya mengandung lebih banyak serat yang baik untuk pencernaan, tapi juga bisa meningkatkan massa dan kekuatan otot. Manfaat ini diyakini berguna bagi orang tua yang mulai mengalami atropi atau penyusutan massa otot.

Sebuah penelitian di University of Iowa menunjukkan, kulit apel bisa meningkatkan massa otot hingga 15 persen. Meski otot membesar, berat badan secara keseluruhan tidak bertambah karena kulit apel juga membakar 50 persen lemak jahat dalam tubuh.

Dr Christopher Adams yang memimpin penelitian itu mengatakan, manfaat ini akan sangat berguna bagi orang tua yang mengalami atropi atau penyusutan massa otot. Meski sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang, atropi hingga kini belum ada obatnya.

Penyusutan massa otot membuatnya tidak mampu menunjang fungsi tulang dan rangka tubuh dalam menanggung beban. Pada lanjut usia maupun penderita radang persendian, kondisi ini sangat mengurangi kemampuan beraktivitas dan bisa memperparah kondisi sendi.

"Kami sudah mengamati aktivitas gen pada pasien atropi dan menemukan senyawa tertentu yang bisa mengatasinya. Salah satunya asam ursulat, seperti yang terkandung dalam kulit apel," ungkap Dr Adams seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (8/6/2011).

Selain bergunga bagi penderita atropi atau masalah sendi dan otot lainnya, kulit apel juga memiliki manfaat lain. Dalam penelitian Dr Adams, berbagai senyawa fitokimia dalam kulit apel juga bisa mengurangi kadar gula dan kolesterol jahat dalam darah sehingga baik untuk jantung.

Penelitian sebelumnya juga mengungkap bahwa buah apel secara keseluruhan memang baik bagi jantung. Makan sebutir apel secara rutin tiap hari bisa mengurangi risiko stroke dan serangan jantung hingga 20 persen, serta bisa memanjangkan usia sampai 10 persen.


(up/ir)

Redaksi: redaksi[at]detikhealth.com
Informasi pemasangan iklan
Ines - 7941177 ext.523
Elin - 7941177 ext.520
email : iklan@detikhealth.com

No comments:

Post a Comment