19 May 2011

Tetap Langsing Meski Suka Ngemil

PERILAKU mengemil sebenarnya baik dan sehat karena dapat mempertahankan kestabilan kadar gula dalam darah. Namun, yang menjadi masalah sebenarnya bukanlah kebiasaan ngemil itu sendiri, tetapi pilihan jenis makanan camilan dan jumlahnya.

KITA terkadang merasa bersalah ketika sedang ngemil makanan tertentu karena takut menjadi gemuk. Padahal, ngemil tidaklah selalu menggemukkan, justru hal itu merupakan kebiasaan yang baik dan menyehatkan.

Perilaku mengemil sebenarnya baik dan sehat karena dapat mempertahankan kestabilan kadar gula dalam darah. Namun, yang menjadi masalah sebenarnya bukanlah kebiasaan ngemil itu sendiri, tetapi pilihan jenis makanan camilan dan jumlahnya.

Terjadinya penurunan kadar gula dalam darah biasanya dimulai empat jam setelah konsumsi makan utama. Organ hati tidak mampu lagi memasok gula darah karena persediaan karbohidrat yang dapat diubah menjadi gula darah sudah terkuras habis. Pada saat kadar gula darah menipis, akan timbul rasa lapar. Bila rasa lapar itu didiamkan saja, maka kadar gula darah akan semakin merosot. Akibatnya, tenaga akan menurun karena gula darah merupakan sumber energi yang siap pakai. Selain itu, pikiran juga akan sulit berkonsentrasi, perasaan gelisah, dan mudah emosi. Untuk mengembalikan kadar gula darah menjadi normal, ngemil merupakan cara yang tepat untuk memulihkan semangat dan emosi. Jika kita bertahan untuk tidak ngemil, sementara perut sangat lapar, maka rasa lapar tersebut akan memuncak pada jam makan utama. Kondisi itulah yang membuat kita cenderung memiliki nafsu tinggi untuk makan melebihi batas kewajaran dan justru dapat menyebabkan kegemukan.

Sinyal rasa lapar yang biasa disampaikan ke otak sebenarnya hanya meminta kita untuk mengisi perut dan tidak ada perintah khusus tentang jenis makanan apa yang sebaiknya dimakan. Oleh sebab itu, kita dapat menyiasatinya dengan makan camilan apapun yang mengenyangkan.

Namun, supaya kita tetap langsing, sebaiknya pilihlah camilan yang mengenyangkan dan rendah kalori, terutama yang banyak mengandung air. Selain cukup mengenyangkan dan rendah kalori, camilan berupa buah-buahan segar umumnya lebih praktis penyiapannya.
Reply With Quote

No comments:

Post a Comment