17 April 2011

KONSEP PENDIDIKAN IPS

Hakikat pndidikan manusia adalah suatu dinamikan yang tetap tidak pernah behenti, melainkan selalu aktif. Dinamika manusialah yang memadukan manusia dengan sesamanya dan dengan lingkungannya. Dinamika manusia merupakan ungkapan jiwa manusia yang berakal budi dan sebagai mahluk sosial.
Hakikart inilah yang membedakan manusia dengan mahluk hidup lainnya. Artinya bahwa manusia bukan semata-mata sebagai mahluk biologis, melainkan juga mahluk sosial,budaya,ekonomi,politik,hukum dan sebagainya. Aspek-aspek tersbut terdiri dari interaksi sosial,budaya,kebutuhan materi,kehidupan,norma dan peraturan,serta sikap. Aspek-aspek inilah yang menghasilkan ilmu pengetahuan sosial, seperti ekonomi,sejarah,sosiologi,antropologi,geografi. Sebagian dari ilmu pengetahuan tersebut berkmbang menjadi didiplin ilmu sesuai dengan perkembangan masyarakat dewasa ini.
Sebagai guru SD, pengeetahuan yang berhubungan dengan disiplin ilmu-ilmu sosial sangat diperlukan baik yang berhubungan dengan ruang lingkup bahasannya,obyek yang dipelajari, maupun metode/pndekatan dari tiap-tiap disiplin ilmu-ilmu sosial tersebut.. Dengan menguasai konsep-konsep IPS yang bersumber dari masyarakat dan lingkungan dapat menambah wawasan yang lebih luas dan mendalam.

No comments:

Post a Comment