29 April 2011

SEKOLAH DASAR

Sekolah dasar (disingkat SD;Inggris:Elementary School) adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sekolah dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Saat ini murid kelas 6 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional (dahulu Ebtanas) yang memengaruhi kelulusan siswa. Lulusan sekolah dasar dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah pertama (atau sederajat).

Pelajar sekolah dasar umumnya berusia 7-12 tahun. Di Indonesia, setiap warga negara berusia 7-15 tahun tahun wajib mengikuti pendidikan dasar, yakni sekolah dasar (atau sederajat) 6 tahun dan sekolah menengah pertama (atau sederajat) 3 tahun.

Sekolah dasar diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Sejak diberlakukannya otonomi daerah pada tahun 2001, pengelolaan sekolah dasar negeri (SDN) di Indonesia yang sebelumnya berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional, kini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah kabupaten/kota. Sedangkan Departemen Pendidikan Nasional hanya berperan sebagai regulator dalam bidang standar nasional pendidikan. Secara struktural, sekolah dasar negeri merupakan unit pelaksana teknis dinas pendidikan kabupaten/kota.
Daftar isi
[sembunyikan]

* 1 Sejarah
* 2 Budaya
* 3 Kurikulum SD
* 4 Pengelolaan
* 5 Permasalahan
* 6 Lihat pula

[sunting] Sejarah

Pada masa penjajahan Belanda, sekolah menengah tingkat atas disebut sebagai Europeesche Lagere School (ELS). Setelahnya, pada masa penjajahan Jepang, disebut dengan Sekolah Rakyat (SR).

Setelah Indonesia merdeka, SR berubah menjadi Sekolah Dasar (SD) pada tanggal 13 Maret 1946.
[sunting] Budaya
Anak SD yang menggunakan seragam

* Sekolah dasar negeri di Indonesia umumnya menggunakan seragam putih merah untuk hari hari biasa, seragam coklat untuk pramuka/hari tertentu, dan pada sekolah-sekolah tertentu menggunakan seragam putih-putih untuk upacara bendera.
* Upacara bendera dilaksanakan setiap hari Senin pagi sebelum dimulai pelajaran.

[sunting] Kurikulum SD

1. Agama
2. Kewarganegaraan
3. Jasmani dan Kesehatan
4. Teknologi Informatika dan Komunikasi
5. Bahasa Indonesia
6. Bahasa Inggris
7. Bahasa Daerah
8. Bahasa Asing
9. Matematika
10. Ilmu Pengetahuan Alam
11. Sejarah
12. Ilmu Pengetahuan Sosial
13. Seni Budaya dan Keterampilan

[sunting] Pengelolaan

Pendidikan dasar di Indonesia pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu yang dikelola oleh pemerintah biasanya disebut Sekolah Dasar Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri sedang yang kedua dikelola oleh masyarakat biasanya disebut Sekolah Dasar Swasta dan Madrasah Ibtidaiyah Swasta. SD dibawah lingkup Depdiknas sedang MI dibawah lingkup Depag. disamping itu ada pula sekolah dasar dibawah lingkup Depdiknas berciri khas agama dengan sebutan Sekolah Dasar Islam atau Sekolah Dasar Kristen,dll.
[sunting] Permasalahan

Dikarenakan letak geografis Indonesia maka permasalahan terbesar adalah pemerataan guru di daerah-daerah yang terpencil, parahnya lagi meskipun pemerintah menyebutkan bahwa banyak guru yang sudah diangkat menjadi pns tapi masih banyak pula guru yang belum terangkat menjadi pns, ditambah lagi adapula guru yang mendapatkan gaji hanya +Rp. 100.000,- sebulan.

ENAM ASUMSI BAGAIMANA OTAK DIBANGUN UNTUK BELAJAR

1. OTAK adalah alat untuk mndeteksi pola yang bagus sekali bahkan diawal-awal
tahun kehidupan manusia.

2 Pola deteksi dan identifikasi melibatkan dua hal yakni gambaran dan hubungan,
dan kecepatannya meningkat apabila digunakan petunjuk dan prosedur pengatagorian.

3. Petunjuk negatif memainkan peranan penting.

4. Otak menggunakan petunjuk dalam pola probabilitas, bukan dengan menambah.

5 Pola pengenalan bergantung pada apa yang seseorang alami dibawa kedalam
situasi.siswa dan anak kecil harus sering merevisi pola yang mereka ekstraksi
untuk menyesuaikan dengan pengalaman baru.

24 April 2011

MUTIARA SAKINAH

Brgunung manapu harta bukanlah kaya namanya jika miskin budi bahasa.

Melangit manapun ilmu bukanlah namanya bijaksana jika tak di amal di guna.

Segagah manapun diri bukanlah namanya pahlawan jika nafsu tidak dapat dilawan.

Sealim manapun wara" bukanlah nmanya ulama jika takabur dan riya".

Scantik manapun rupa nan ayu bukanlah namanya ratu jika buruk tingkah laku.

Setinggi manapun derajatnya bukanlah namanya mulia jika tiada iman didada.

MUTIARA KEJUJURAN

Saya akan jujur, karena ada yang mempercayai saya

Saya akan hidup suci, karena ada yang memperhatikan

Saya akan kuat, karena banyak yang harus diderita

Saya akan tabah, karena banyak yang harus dihadapi

Saya akan menjadi teman bagi semua........

Juga bagi yang tidak bersahabat dan yang tidak memiliki teman....

Saya akan murah hati...

Dan melupakan pemberian itu...

Saya akan rendah hati...

Karena.....saya tahu klemahan saya.

21 April 2011

Agnes Monica - "Paralyzed" HD official video

[HD] Agnes Monica - Karena Ku Sanggup OFFICIAL VC [HD] (Best Quality)

Indah Dewi Pertiwi - HIPNOTIS Full Version

HARI EKSPRESI UNTUK MURIDKU

Pagi yang cerah selalu membuatku bersemangat menyambut "lentera kecilku", namun tidak pagi ini, pagi dimana semua materi harus tersampaikan dengan baik. mereka terlihat lesu dan capek, jenuhkah mereka? capekkah mereka? saya akan menjawab iya, dan sEtelah saya bertanya kepada anak-anak kelas 6, ternyata mereka capek dan jenuh. "bu guru, liburnya kapan?", selalu itu yang diucapkan anak-anak setelah mereka selEsai UAS ATAUPUN uus serta UTS, yahhhhh harusnya para pembuat kebijakan membuat day for ekspresive day, dimana mereka bisa mengekspresikan tentang mereka sendiri sesuai kapasitasnya berdasar otonomi sekolah masing-masing. pertanyyaanku "mungkinkah"?


Ekspresive day to my students, ohh its just my dream? i want get it for ours. saya menginginkan hari itu, dimana satu hari dalam sebulan siswa boleh mengekspresikan apapun tentang dirinya, keinginannya, cita-citanya dan semuanya yang terpendam saat mereka terkungkung dalam tembok "aturan kelas" dan "aturan sekolah".


"Ini sekolah negeri bro, bukan sekolah swasta yang segalanya diatur oleh undang-undang dan kebijakan" selalu itu yang diucapkan oleh teman-temanku manakala aku berusaha membawa mereka di dunia kenak-kanakannya dalam kerangka globalisasi. memang ini sekolah negeri tapi kita kan guru yang memiliki otonomi kelas...ohhhhh tidak karena ada kebijakan di atas kita....ya yaa ya aya ya...kebijakan yang selalu membelenggu. hehehehehe gurunya saja tidak bisa berekspresi bagaimana dengan muridnya. semoga pendidikan kita selalu bergerak dinamis dan tidak ada kungkungan terhadap ekspresi guru.

20 April 2011

PENEMUAN NON ILMIAH

PENEMUAN NON ILMIAH DAPAT DIPEROLEH MELALUI PENEMUAN SECARA:
1. Kebetulan, yaitu penemuan dalam keadaan yang tidak pasti, datangnya
tidak dapat diperhitungkan secara berencana dan terarah.

2. Trial dan Error, yaitu penemuan yang bersifat coba-coba, tidak pasti
dan tanpa pengertian yang jelas

3. Otoritas atau kewibawaan, yaitu penemuan yang didasarkan pada orang-
orang karena kedudukan atau pengetahuannya sangat dihormati dan dipercaya.

4. Spekulatif, yaitu penemuan yang mengandung unsur untung-untungan
dalam mencari kebenaran.

5. Akal sehat, yaitu penemuan yang banyak digunakan olh orang awam
dalam memprsoalkan sesuatu hal.

6. Prasangka, yaitu penemuan yang merupakan pencapaian pengetahuan secara
akal sehat yang diwarnai oleh kepentingan orang yang melakuakaannya.

7. Pendekatan Intuitif, yaitu penemuan yang berdasarkan atas pengetahuan
yang langsung atau didapat dengan cepat melalui proses yang tidak
difikirkan lebih dahulu.

MATERI MATEMATIKA KELAS 4

RANGKUMAN MTK KELAS 4

MATERI MATEMATIKA KELAS 1

Kelas01 Matematika Konsep Dan Aplikasinya Dewi Tri

MATERI IPA KELAS 6

Kelas06 Ipa Heri-edy

MATERI IPA KELAS 6

Kelas06 Ipa Heri-edy

MATERI IPA KELAS 2

Kelas02 Ipa Heri-edy

MATERI IPA KELAS 1

Kelas01 Asyiknya Belajar Ipa Sholehudin Evi

MATERI MATEMATIKA KELAS 5

Pecahan_SD

BANK SOAL IPS KELAS 6

IPS 2

BANK SOAL IPS KELAS 4

UKM SMT I 09 IPS 4b

BANK SOAL IPS KELAS 2

Ukm Ips Kelas II 2009 2

BANK SOAL IPA KELAS 3

Siklus Air

BANK SOAL MATEMATIKA KALAS 5

Soal Uji Coba Kelas5

BANK SOAL MATEMATIKA KELAS 4

Soal Uji Coba Kelas4

TRYOUT

mat%2b6%2bsd%2b2008

BANK SOAL PKN KELAS 6

PKn 2

BAK SOAL PKN KELAS 5

uji kendali mutu 2

BANK SOAL PKN KELAS 4

UKM PKn 4 - 2009b

BANK SOAL PKN KELAS 3

UKM SMT I 09 PKN 2b

BANK SOAL PKN KELAS 2

Ukm pkN 2

BANK SOAL PKN KELAS 1

UKM PKn Kelas I 2009 2

19 April 2011

MATERI IPS KELAS 4

RANGKUMAN IPS KELAS 4

RPP IPA KELAS 4

RPP IPA KELAS 4

18 April 2011

RRP KELAS 3 SEMESTER 2

RPP KLS 3 Sem 2

RPP KELAS 3 SEMESTER 1

Rpp Temmatik Kelas 3 Smt 1

MATERI IPS KELAS 4

RANGKUMAN IPS KELAS 4

17 April 2011

KONSEP PENDIDIKAN IPS

Hakikat pndidikan manusia adalah suatu dinamikan yang tetap tidak pernah behenti, melainkan selalu aktif. Dinamika manusialah yang memadukan manusia dengan sesamanya dan dengan lingkungannya. Dinamika manusia merupakan ungkapan jiwa manusia yang berakal budi dan sebagai mahluk sosial.
Hakikart inilah yang membedakan manusia dengan mahluk hidup lainnya. Artinya bahwa manusia bukan semata-mata sebagai mahluk biologis, melainkan juga mahluk sosial,budaya,ekonomi,politik,hukum dan sebagainya. Aspek-aspek tersbut terdiri dari interaksi sosial,budaya,kebutuhan materi,kehidupan,norma dan peraturan,serta sikap. Aspek-aspek inilah yang menghasilkan ilmu pengetahuan sosial, seperti ekonomi,sejarah,sosiologi,antropologi,geografi. Sebagian dari ilmu pengetahuan tersebut berkmbang menjadi didiplin ilmu sesuai dengan perkembangan masyarakat dewasa ini.
Sebagai guru SD, pengeetahuan yang berhubungan dengan disiplin ilmu-ilmu sosial sangat diperlukan baik yang berhubungan dengan ruang lingkup bahasannya,obyek yang dipelajari, maupun metode/pndekatan dari tiap-tiap disiplin ilmu-ilmu sosial tersebut.. Dengan menguasai konsep-konsep IPS yang bersumber dari masyarakat dan lingkungan dapat menambah wawasan yang lebih luas dan mendalam.

BANK SOAL MATEMATIKA KELAS 3

persegi-panjang

BANK SOAL MATEMATIKA KELAS 6

SD_-_Matematika_2007

BANK SOAL IPS KELAS 5

Hindu Budha Di Indonesia

MATERI IPA KELAS 3

Siklus Air

MATERI IPA KELAS 3

Siklus Air

16 April 2011

MATERI IPA KELAS 5

Life Cycle

BANK SOAL IPA KELAS 6

IPA

BANK SOAL B IND KELAS 6

SOAL UKM BI Kls. 6

BANK SOAL B IND KELAS 5

Dinas Penidikan Kabupaten Sampangb

BANK SOAL B IND KELAS 4

UKM Bi4 I0910 2

BANK SOAL B IND KELAS 3

Ukm b.indonesia Kls 3b

BANK SOAL B IND KELAS 2

Ukm Bhs iNdONesia 2

BANK SOAL B IND KELAS 1

UKM bahasa 1

MATERI B IND KELAS 6

Bahasa Indonesia - Kalimat Majemuk

MATERI B IND KELAS 6

Bahasa Indonesia - Kalimat Majemuk

MATERI B IND KELAS 5

Bahasa Indonesia - Kalimat Majemuk

PROTA MATEMATIKA KELAS 3

Prota Mat Kelas 3

PROTA IPA KELAS 3

PROTA IPA KELAS 3

PROTA MAT KELAS 3

PROTA IPA KELAS 3

PROTA B IND KELAS 3

Prota b.ind Kelas 3

PROTA PKN KELAS 2

PROTA PKN KELAS 2

PROTA MAT KELAS 2

Prota Mat Kelas 2

PROTA IPS KELAS 2

PROTA IPS KELAS 2

PROTA IPS KELAS 2

PROTA IPS KELAS 2

PROTA IPA KELAS 2

PROTA IPA KELAS 2

PROTA IPA KELAS 2

PROTA IPA KELAS 2

PROTA B INDONESIA KELAS 2

Prota b.indonesia Kelas 2

RPP MATEMATIKA KELAS 4

RPP Matematika

RPP IPA KELAS 4

RPP IPA

RPP B INDONESIA KELAS 4

RPP Bahasa Indonesia

MATERI IPA KELAS 4

RANGKUMAN IPA KELAS 4

MATERI B INDONESIA KELAS 4

Rangkuman Bi Kelas 4

BATIK

Salah satu warisan budaya masyarakat Jawa Teangah adalah seni batik kain. Kain disamping digunakan untuk mlindungi badan dari pengaruh iklim,cuaca serta serangan dari binatang kecil,juga dapat menunjukkan tingkat peradaban dan budaya dari masyarakat pendukungnya. Hal ini tercermin dalam berbagai kain batik dengan motif-motifnya. motif-motif tersebut terkandung ide-idee,gagasannorma-norma,nilai etika dan estetika yang secara umum menggambarkan keadaan budaya masyarakat pendukungnya.
Setiap daerah yang mengerjakan pembatikan satu dan yang lain mempunyai keunikan atau kekhasan masing-masing. Keunikan tersebut dipengaruhi oleh berbagai hal seperti sistem kepercayaan, tata kehidupan maupun alam sekitarnya.
Kain batik sebagai warisan budaya terbesar diberbagai daerah di Indonesia,khususnya Jawa Teangah. Di Jawa Tengah terdapat bberapa beberapa sentra penghasil batik,diantaranya dapat dijumpai dikawasan pesisir utara pulau Jawa,seperti:Pekalongan,Batang,Lasem. Disamping wilayah pesisir pantai utara,wolayah pedalaman atau wilayah bagian selatan pulau Jawa juga dijumpai seperti: Solo,Yogyakarta,Klaten,Banyumas dll.
Batik didaerah tersebut sampai sekarang masih banyak diproduksi. Namun demikian keberadaan seni batik tersebut masih banyak diproduksi. Namun demikian keberadaan seni batik tersebut dibeberapa tempat mengalami kemunduran dan bahkan menuju kepunahan. Batik gaya Banyumasan misalnya yang pada tahun sekitar 1970-an trdapat 80 persen pengusahan dan bahkan ratusan perajin batik.Saat ini perajin batik makin berkurang,ini disebabkan oleh kemajuan industri tekstil. Hal ini dikarenakan bentuk dan motif batik banyak diproduksi oleh mesin dan cap,permasalahan lainnya adalah upah buruh, persaingan industri batik dengan rekayasa teknologi,ekonomi serta kurangnya apresiasi masyarakat terhadap nilai keadiluhungan seni batik. Disisi lain juga karena kurangnya informasi dan promosi makna dan keindahan seni batik hasil budaya bangsa.

15 April 2011

BELAJAR

Belajar.....belajar...ayo belajar, selalu kata-kata itu yang terucap , baik dari guru maupun orang tua, lalu apa ya arti belajar?

belajar?bukanlah duduk manis didalam kelas sambil mendengarkan guru, atau membaca dari halaman 1 sampai halaman sekian ratus, belajar adalah..............(secara psikomotorik) berubahnya sikap dari yang tidak baik menjadi lebih baik, dari yang kurang baik menjadi lebih baik dalam kerangka "ketuhanan" dan dalam dimensi "ketimuran".

belajar secara kognitif adalah brubahnya pola pikir menuju hidup dan kehidupan yang lebih "bermakna" dan lebih "luar biasa".

belajar secara afeksi adalah proses pendewasaan diri untuk saling menghargai,tanggung jawab dan disiplin.....

marilah kita menjadi pribadi-pribadi yang mau belajar karena hidup ini penuh pembelajaran....

MATERI PKN KLAS 4

RANGKUMAN PKn KELAS 4

MATERI B IND KELAS 3

Bahasa Indonesia - Kalimat Aktif Dan Kalimat Pasif

MATERI B.IND KELAS 4

Bahasa Indonesia - Imbuhan Serapan

MATERI B INDONESIA KELAS 4

Rangkuman Bi Kelas 4

sabtu ceria

wah hari sabtu......horeeee.....bu guru besok libur ya....hhehehehe itu adalah sebagian celotehan anak-anak dihari sabtu. mereka begitu senangnya menunggu hari minggu. Dengan mendekat kepada anak-anak didikku aku bertanya kepada salah seorang anak didikku."nak, kamu senang ya kalau hari minggu tiba", anak itu menjawab " iya bu guru, aku senang kan kalau libur bisa main seharian "...wah ini PR ya bagi guru...bahwa pembelajaran dikelas harus menyenangkan dan membuat siswa ter "MAIN MAINDED" Agar mereka lebih betah di sekolah dan mnggangap bahwa hari senin sampai sabtu adalah hari yang lebih menyenangkan daripada hari minggu. mari kita ber 'PROGRESS"

14 April 2011

Silabus Pembelajaran Matematika Kelas 4

Silabus Pembelajaran Mat Kelas 4

PROTA IPS KELAS 6

PROTA IPS KELAS 6

PROTA IPS KELAS 5

PROTA IPS KELAS 5

PROTA IPS KELAS 4

PROTA IPS KELAS 4

PROMES IPS KELAS 6

PROMES IPS KELAS 6

PROMES IPS KELAS 5

PROMES IPS KELAS 5

PROMES IPS KELAS 4

PROMES IPS KELAS 4

RPP IPS Kelas 6 Semester 1 dan 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ips Kelas 6 Semester 1 Dan 2

RPP IPS Kelas 5 Semester 1 dan 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ips Kelas 5 Semestr 1 Dan 2

RPP IPS Kelas 4 Semester 1 dan 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajara Ips Kelas 4 Semester 1 Dan 2

SILABUS B.IND KELAS 4

SILABUS

PROTA B.IND KELAS 4

Program Tahunan b Ind

Silabus Pembelajaran Ips Kelas 6

Silabus Pembelajaran Ips Kelas 6

Silabus Pembelajaran Ips Kelas 5

Silabus Pembelajaran Ips Kelas 5
[5] PROMES BINA
SILABUS PEMBELAJARAN Bahasa Indonesia Kelas 6 Smtr 1 Dan 2
Silabus Pembelajaran Kelas 5 Semester 1 Dan 2

Silabus Pembelajaran Ipa Kelas 5

Silabus Pembelajaran Ipa Kelas 5

MATERI IPA KELAS 6

Tanah

MATERI IPA KELAS 6